Rabu, 17 Januari 2018

Wanita Cantik Meksiko Ini Jadi Google Doodle 16 Januari 2018

Katy Jurado, aktris Meksiko yang merambah Hollywood, dirayakan ulang tahunnya yang ke-94 oleh Google doodle hari ini, Selasa (16/1/2018). Di laman pencarian Google, tampak seorang wanita berpakaian hitam berselempang selendang kuning memegang setangkai bunga. Tatapan tajam Katy menjadi ciri khas kekuatan karakter yang juga dibawa dalam tiap peran yang dibawakan.


Katy yang memulai awal karirnya di Meksiko tahun 1943 bahkan sudah mendapat peran “femme fatale” dengan karakter rumit di film La vida inutil de Pito Perez (1943) selama kurun waktu keemasan film-film Meksiko saat itu.

Saat remaja, ia bahkan tidak diizinkan oleh keluarganya untuk terjun di dunia akting. Namun tekadnya bulat meski harus menandatangani kontrak pertamanya secara rahasia, tanpa ada keluarganya yang tahu.

Katy melakukan casting pertamanya di Hollywood di film Bullfighter and the Lady (1951) dengan bahasa Inggris yang masih pas-pasan, ia mengucapkan dialognya dengan cara menghafal bunyi kata tanpa tahu artinya. Meski dengan pendekatan yang ganjil saat menghafal naskah, produser Hollywood tetap meng-casting dia di film klasik Barat, High Noon (1952). Di film itu, Katy berperan mumpuni sebagai Helen Ramirez sehingga meraih Golden Globe untuk Pemeran Pendukung Terbaik.

Ia juga mendapatkan nominasi Academy Award untuk peran pendukungnya di tahun 1954 sebagai istri Indian Spencer Tracy dalam filmnya Broken Lance.


Katy Jurado, salah satu aktris asal Meksiko yang diingat publik Amerika karena penampilannya di lebih dari 70 film Amerika dan Meksiko pada tahun 1940-an, 1950-an, dan 1960-an. Bahkan penampilannya baik itu di film maupun industri televisi telah mengantarkannya mendapat Silver Arial Awards dan beberapa nominasi Academy Awards.

Selain berkiprah di Hollywood, Katy Jurado juga dikenal di luar panggung dengan kharisma dan penampilan yang memukau orang-orang di sekelilingnya. Bahkan aktor Marlon Brando dan novelis Louis L’Amour pernah jatuh hati padanya.

Penyanyi legendaris Frank Sinatra juga pernah ditolak cintanya oleh perempuan kelahiran Guadalajara, Meksiko, pada 6 Januari 1924 ini.

Peran yang telah dimainkan Katy dalam film-filmnya telah mengubah stereotip aktris Meksiko yang dikenal sensual, karena karakter-karakter yang dia bawakan di tiap filmnya melampaui itu.

Google doodle menjadikan sosok karakter Katy Jurado dalam ilustrasi yang dibuat oleh Ana Ramirez terlihat pas dengan kepribadiannya, seperti dikutip dari laman Google doodle. Tak heran dengan segenap pencapaiannya, Katy layak diabadikan dalam Goodle doodle hari ini.

sumber : (tirto.id - may/may)


EmoticonEmoticon